Apa Itu HDD?

Apa Itu HDD? Berikut ini kami akan membahas mengenai borepile atau Horizontal Direction Drilling yang terbaik untuk konstruksi pembangunan yang ada di indonesia. Terlebih juga, pekerjaan konstruksi bangunan yang tidak dapat dilakukan dengan menggunakan tangan. Oleh karena itu, jenis pekerjaan yang membutuhkan alat berat biasanya sangat luas.

apa itu hdd

Apa Itu HDD?

HDD merupakan singkatan dari alat yang bernama Horizontal Directional Drilling, merupakan salah satu alat berat yang di gunakan dalam kegiatan konstruksi. Alat ini biasanya di gunakan untuk mempermudah memasang jaringan perpipaan seperti pipa air bersih, pipa untuk saluran minyak dan gas, pipa untuk air limbah maupun fiber optic.

Metode HDD merupakan metode pengeboran yang di lakukan secara mendatar dengan melakukan gali entri atau masuk dan exit sebagai jalan keluarnya sehingga dapat mengurangi kegiatan yang mengganggu lingkungan.

Sebelum kita memanfaatkan dan bekerja meggunakan metode ini, maka kita perlu melakukan survei terlebih dahulu. Survei sendiri bertujuan untuk mendeteksi utilitas dengan cara mendapatkan data valid jaringan existing, dimana jaringan existing tersebut didapatkan dengan cara menggambar apa adanya dengan memanfaatkan teknologi georadar.

Selain itu, kegiatan mendeteksi lokasi pipa dengan tujuan menemukan jaringan utilitas yang sudah di buat sebelumnya bertujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan pada pembuatan jaringan yang baru menggunakan metode HDD ini. Seperti mpemasangan baru menabrak jaringan sebelumnya. Kerusakan dan perbaikan pada sistem jaringan akan memakan jumlah biaya lebih besar sehingga dapat merugikan waktu maupun korban manusia.

Kelebihan dan kekurangan HDD

Adapun beberapa kelebihan dan kekurangan megunakan metode ini diantaranya:

  1. Penggunaannya tidak merusak alam. Hal ini dikarenakan hanya membutuhkan sedikit penggalian sehingga bekas galian tidak terlalu banyak.
  2. Tidak memakan terlalu banyak wilayah kerja
  3. Penggunaan tenaga kerja dan waktu yang diperlukan dalam proses kerja tidak lama atau efisien
  4.  Tingkat kedalaman maupun arah dalam proses memasang jaringan bisa disesuaikan
  5. Dampak pembangunan yang dilakukan dapat dikurangi
  6. Dapat mengurangi terjadinya kecelakaan pada kegiatan kerja
  7. Proses pemasangan jaringan dapat di lakukan dengan cuaca apapun
  8. Dalam proses pengalian, tanah yang di keluarkan lebih sedikit

Adapun Kekurangannya yaitu:

  1. Biaya yang dikeluarkan banyak terutama masalah operasional. Hal ini dikarenakan proses pemasangan memanfaatkan teknologi canggih
  2. Tenaga ahli yang diperlukan dalam proses pemasangan jaringan baru lebih banyak
  3. Pemasangannya dengan menggunakan metode ini harus mendapatkan dukunga dari pihak pemerintah.

Baca Juga : Sewa Forklift Jakarta Utara

No comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *